meta content='dr. nadirah.SpA dan venice irianto.ssi.apt' name='author'/>

Monday, June 14, 2010

tetanus

tetanus atau lockjaw adalah penyakit akut yang menyerang susunan saraf pusat yang disebabkan oleh racun tetanospamin yang dihasilkan oleh Clostridium tetani.

racun tetanospamin masuk ke dalam tubuh melalui luka, gigitan serangga, infeksi gigi, infeksi telinga, bekas suntikan pemotongan tali pusat. dalam tubuh kuman yang dihasilkan clostridium tetani berkembang biak menghasilkan eksotoksin antara lain te tanospamin yang secara umum menyebabkan kekakuan, spasme dari otot bergaris.

ETIOLOGI TETANUS
CLOSTRIDIUM TETANI berbentuk batang dengan ukuran panjang 2-5 um dan lebar 0,3-0,5 um, termasuk bakteri gram negatif dan bersifat anaerob. clostridium tetani membentuk spora yang berbentuk lonjong dengan ujung yang bulat, khas seperti batang korek api, sifat spora ini tahan dalam air mendidih selama 4 jam, obat antiseptik tapi mati dalam autoclaf bila dipanaskan selama 15-20 menit pada suhu 121oC. bila tidak kena cahaya, maka spora dapat hidup ditanah berbulan-bulan bahkan sampai tahunan. juga dapat merupakan flora usus normal dari kuda, sapi, babi, domba, anjing, kucing, tikus, ayam dan manusia.

spora akan berubah bentuk menjadi vegetatif dalam keadaan anaerob dan kemudian berkembang biak. bentuk vegetatif tidak tahan panas dan beberapa antiseptik. kuman tetanus tidak invasif, tetapi kuman ini memproduksi 2 macam eksotoksin yaitu tetanospasmin dan tetanolisin.

tetanospasmin merupakan protein dengan berat molekul 150.000 dalton, larut dalam air, labil pada panas dan cahaya, rusak dengan ensim proteolitik, tetapi stabil dalam bentuk murni dan kering. tetanospamin disebut juga neurotoksin karena toksin melalui beberapa jalan dapat mencapai susunan saraf pusat dan menimbulkan beberapa kekakuan (rigiditas) spasme otot dan kejang-kejang. sedangkan tetanolisin menyebabkan lisis dari sel-sel darah merah.

No comments:

Post a Comment