meta content='dr. nadirah.SpA dan venice irianto.ssi.apt' name='author'/>

Wednesday, July 21, 2010

Pengobatan dan diagnosis perdarahan saluran cerna

karena perdarahan saluran cerna sehingga terjadi kehilangan darah yang serius, ini dapat diketahui dengan pemeriksaan hematokrit dan akan terlihat dengan rendahnya konsentrasi sel darah merah dalam tubuh.

Ulkus lambung biasanya perut nyeri karena makanan , serba salah perut kosong timbul nyeri, perut kekenyangan juga nyeri dan perdarahan pada lambung sering tidak menimbulkan nyeri. Obat yang sering menimbulkan luka lambung adalah aspirin dan jenis obat antiinflamasi nonsteroid jadi konsumsi obat tersebut setelah makan.
Perdarahan saluran cerna yang tidak diketahui penyebabnya dapat dideteksi dini seperti nafsu makan berkurang disertai penurunan berat badan maka sebaiknya lakukan pemeriksaan untuk kemungkinan kanker. Bila terdapat kesulitan menelan maka diperiksa kemungkinan adanya kanker keongkongan atau penyempitan kerongkongan.

Sekali-kali anda harus memeriksa warna tinja anda ketika buang air besar . karena penderita perdarahan saluran cerna bagian atas, bukan hanya muntah darah tapi tinja juga akan berwarna kehitam-hitaman, ini biasanya disebabkan perdarahan pada bagian lambung atau usus dua belas jari.

Warna hitam terjadi karena darah tercemar oleh asam lambung dan oleh pencernaan kuman selama beberapa jam sebelum keluar dari tubuh. Perdarahan jangka panjang dapat menimbulkan anemia, mudah lelah, lesu, terlihat pucat, nyeri dada, dan pusing. Darah yang berwarna merah segar atau merah terang dan terus menerus menunjukkan perdarahan yang aktif dan berat.

Gejala yang menunjukkan adanya kehilangan darah yang serius adalah denyut nadi yang cepat, tekanan darah rendah dan kurangnya pembentukan air kemih atau jarang buang air kemih , sekitar 6 jam tidak kencing mengindikasikan kurangnya pembentukan air kemih. Tangan dan kaki penderita akan teraba dingin dan basah, kurangnya darah yang mengalir ke otak karena kehilangan darah akan menyebabkan bingung, disorientasi, rasa ngantuk bahkan syok hipovolemik dapat terjadi.

Pengalaman saya selama 6 bulan terakhir menunjukkan gejala awal jika terlambat makan, yakni mual dan selang berapa jam akan muntah lalu disertai buang air besar dimana frekwensi buang air besar sama dengan frekwensi muntah dan akhirnya mendapat infuse cairan 6 botol. Dalam 6 bulan 3 kali saya mendapat serangan.

Berikut tips dan pengobatan yang saya lakukan dengan pengobatan alami.
1. Setiap bangun pagi biasakan minum air putih disertai pisang yang tidak masak tapi masih setengah matang, pisang ini disebut pisang manurung kalau di Makassar. Pisang ini bermanfaat untuk mencegah timbulnya penyakit gastritis. Pisang mengandung enzim atau serat yang bermanfaat untuk memperlancar buang air besar, jadi yang menderita konstipasi dapat mengkonsumsi pisang secara teratur.
2. Biasakan menjaga pola makan agar terhindar dari perdarahan saluran cerna.
3. Segera periksakan diri ke dokter jika terdapat gejala-gejala yang disebutkan di atas.
4. Jika anda menderita hemoroid atau wasir dapat diobati dengan minum air putih sesuai kebutuhan tubuh, indikasinya jika anda tidak buang air kencing selama 4-6 jam, usahakan buang air besar secara teratur dan tidak mengedan secara keras ketika buang air besar sehingga mengurangi perkembangan varises. Tapi jika penyebabnya karena kanker usus itu sangat sulit diobati kecuali kankernya diobati.
5. Olah raga teratur membuat metabolism tubuh menjadi meningkat sehingga bagi yang kurang nafsu makan dapat teratasi.

No comments:

Post a Comment