meta content='dr. nadirah.SpA dan venice irianto.ssi.apt' name='author'/>

Wednesday, July 14, 2010

MANIFESTASI KLINIK

masa inkubasi tetanus umumnya antara 3-21 hari, namun dapat singkat hanya 1-2 hari, dan kadang-kadang lebih dari 1 bulan. makin pendek masa inkubasi makin jelek prognosanya. terdapat hubungan antara jarak tempat invasi clostridium tetani dengan susunan saraf pusat dan interval antara luka dan permulaan penyakit, dimana makin jauh tempat invasi maka inkubasi makin panjang.

secara klinis tetanus ada 3 macam;
1. tetanus umum
2. tetanus lokal
3. tetanus cephalic

tetanus umum merupakan jenis tetanus yang paling banyak dijumpai, tetanus umum berhubungan dengan luas dan dalamnya luka seperti luka bakar yang luas, luka tusuk yang dalam, furunkulosis, ekstraksi gigi, ulkus dekubitus dan suntikan hipodermis.

biasanya tetanus muncul secara mendadak berupa kekakuan otot baik bersifat menyeluruh ataupun hanya sekelompok otot. kekakuan otot terutama pada rahang dan leher. 50% penderita tetanus umum akan menunjukkan trismus.

dalam 24-48 jam dari kekauan otot menjadi menyeluruh sampai ke ekstremitas.
kekakuan otot rahang terutama menyebabkan mulut sukar dibuka, sehingga penyakit ini disebut juga LOCKJAW .

kesadaran penderita tetap baik walaupun nyeri yang hebat serta ketakutan yang menonjol sehingga penderita nampak gelisah dan mudah terangsang. spasme otot-otot laring dan otot pernapasan dapat menyebabkan gangguan menelan, asfiksia dan sianosis.

retensi urine sering terjadi karena spasme sphincter kandung kemih, kenaikan suhu badan umumnya tidak tinggi tetapi dapat disertai panas yang tinggi sehingga harus hati-hati terhadap komplikasi atau toksin menyebar luas dan mengganggu pusat pengatur suhu.

tetanus lokal
bentuk tetanus ini banyak akan tetapi kurang diperhatikan karena gambaran klinis tidak khas. bentuk tetanus lokal berupa nyeri, kekakuan otot-otot pada bagian proksimal dari tempat luka. tetanus lokal adalah bentuk ringan dengan angka kematian 1%, kadang-kadang bentuk ini dapat berkembang-biak menjadi tetanus umum.

tetanus bentuk cephalic
merupakan salah satu varian tetanus lokal. bentuk cephalic terjadi bila luka mengenai mata, kulit kepala, muka, telinga, leher, otitis media kronis dan jarang akibat tonsilectomi. gejala berupa disfungsi saraf kranial, menetap dalam beberapa hari bahkan berbulan-bulan.

tetanus cephalic dapat berkembang menjadi tetanus umum. pada umumnya prognosa bentuk tetanus cephalic jelek.

No comments:

Post a Comment